Pages

Subscribe:

Translate

Minggu, 24 Maret 2013

Strategi Pemasaran Heppy Syrup :


·         Mulai Dengan Riset Pasar
Sebelum menentukan strategi pemasaran yang akan digunakan, penting bagi Anda untuk mengetahui minat dan kebutuhan pasar yang ada di sekitar daerah tersebut. Hal ini sebagai langkah awal bagi para pelaku UKM untuk menyesuaikan strategi pemasaran yang dijalankan dengan pola pembelian calon konsumen. Apabila strategi yang digunakan sesuai dengan minat konsumen, maka bisa dipastikan bila produk pun tidak terlalu sulit untuk bisa diterima pasar.
·         Menciptakan Produk Unik
Salah satu daya tarik bagi para konsumen adalah apabila produk yang Anda tawarkan memiliki nilai lebih dan terlihat lain daripada yang lain (unik). Keunikan itulah yang biasanya menarik perhatian konsumen, sehingga mereka yang awalnya tidak membutuhkan produk tersebut menjadi berminat membeli setelah mereka mengetahui keunikan dan nilai lebih yang ditawarkan.
·         Promosi
Setelah produk tercipta, langkah berikutnya yang perlu Anda perhatikan yaitu menyusun strategi promosi untuk mendatangkan banyak konsumen. Anda bisa mulai memikirkan strategi promosi untuk wilayah lokal, nasional hingga internasional. Untuk promosi lokal bisa Anda lakukan dengan membagikan brosur, pamflet maupun poster di sekitar lokasi usaha. Sedangkan untuk pemasaran nasional dan internasional bisa memanfaatkan jaringan internet sebagai media promosi yang cukup efektif. Semakin luas jangkauan promosi yang Anda ciptakan, maka semakin besar pula peluang Anda untuk mendatangkan konsumen sebanyak-banyaknya.
·         Pemeliharaan Loyalitas Pelanggan
Pemeliharaan layanan kepada para konsumen sering diabaikan para pelaku usaha, sehingga loyalitas yang terbangun antara konsumen dan pelaku pasar masih belum kuat. Pastikan hal tersebut tidak Anda abaikan, agar loyalitas konsumen semakin besar dan produk yang Anda ciptakan mendapatkan tempat tersendiri di hati para pelanggan.
Ketatnya persaingan pasar didalam dunia usaha memaksa para pelaku usaha memutar otak untuk mendapatkan ide-ide segar dalam menciptakan produknya. Dalam memulai usaha baru kita sebagai pelaku usaha perlu memiliki trik-trik khusus untuk menjadikan produk yang dihasilkan memiliki nilai tambah dibandingkan dengan produk lain.
Sudah banyak contoh dari para pelaku usaha UKM yang menerapkan strategi pemasaran yang sensasional dapat menarik hati para konsumen. Melalui strategi pemasaran yang sensasional, pelaku bisnis berusaha mendapatkan perhatian khusus dari masyarakat luas, hingga akhirnya banyak konsumen yang tertarik untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan pelaku pasar. Selain itu cara pemasaran yang unik membuat merek atau brand yang ditawarkan semakin banyak dibicarakan orang, jadi tidak menutup kemungkinan bila produk unggulan yang Anda pasarkan akan semakin berkembang dengan bantuan promosi yang menyebar dari mulut ke mulut konsumen.
Salah satu contohnya adalah produk keripik pedas asal kota Bandung yaitu Maicih yang juga biasa disebut keripik setan  karena rasanya yang sangat pedas. Yang unik adalah rasa keripik yang sangat pedas juga memiliki level-level tingkat kepedasan, hal ini dapat menjadi pilihan para penikmat keripik pedas maicih. Maicih berdiri pada pertengahan tahun 2010 di Bandung tepatnya tanggal 29 Juni. Didirikan oleh pria kelahiran 29 September 1987 bernama Reza Nurhilman yang akrab disapa AXL29.
Awalnya Axl memiliki ide untuk bergerak di bidang pangan dan memasarkan #maicih lewat door-to-door dan mouth-to-mouth untuk memperkenalkan pada saudara dan teman terdekat. Setelah 2 bulan berjalan Axl menemukan cara yang unik untuk memasarkan maicih lewat twitter dan chatting bersama orang-orang. Ternyata kekuatan twitter sangat kuat dan orang-orang mulai memperbincangkan #maicih.
Hal unik lainnya adalah cara mendistribusikan produk maicih tersebut yaitu dengan cara membentuk sistem jendral (distributor) maicih yang dipakai sampai sekarang lalu terbentuk account @infomaicih yang awalnya dibuat oleh icihers untuk mengetahui keberadaan produk maicih, namun icihers tersebut lama kelamaan menjadi sangat cooperative dan menjadi sarana bagi icihers lain agar lebih mudah untuk mendapatkan produk maicih dan memperlancar jendral berjualan dengan memberikan info-info terkini seputaran maicih termasuk jadwal “gentayangan” para jendral maicih.
Jenderal pertama Maicih bernama Fajar, dia sudah berjualan Maicih saat bungkusnya masih polos. “Saya jualan di kampus, pasang di kaskus, menghubungi lagi teman-teman SD, SMP, SMA, hasilnya lumayan buat bayar kuliah,” tutur Fajar yang dalam sehari bisa menjual sekitar 250 hingga 500 bungkus Maicih. Hal tersebut memberi gambaran kepada kita bahwa dengan menggunakan strategi pemasaran yang sensasional dapat memeberikan nilai tambah atas produk tersebut.


0 komentar:

Posting Komentar