·
Mulai Dengan Riset Pasar
Sebelum menentukan strategi pemasaran yang akan digunakan, penting bagi
Anda untuk mengetahui minat dan kebutuhan pasar yang ada di sekitar daerah
tersebut. Hal ini sebagai langkah awal bagi para pelaku UKM untuk menyesuaikan
strategi pemasaran yang dijalankan dengan pola pembelian calon konsumen.
Apabila strategi yang digunakan sesuai dengan minat konsumen, maka bisa
dipastikan bila produk pun tidak terlalu sulit untuk bisa diterima pasar.
·
Menciptakan Produk Unik
Salah satu daya tarik bagi para konsumen adalah apabila produk yang Anda
tawarkan memiliki nilai lebih dan terlihat lain daripada yang lain (unik).
Keunikan itulah yang biasanya menarik perhatian konsumen, sehingga mereka yang
awalnya tidak membutuhkan produk tersebut menjadi berminat membeli setelah
mereka mengetahui keunikan dan nilai lebih yang ditawarkan.
·
Promosi
Setelah produk tercipta, langkah berikutnya yang perlu Anda perhatikan
yaitu menyusun strategi promosi untuk mendatangkan banyak konsumen. Anda bisa
mulai memikirkan strategi promosi untuk wilayah lokal, nasional hingga
internasional. Untuk promosi lokal bisa Anda lakukan dengan membagikan brosur,
pamflet maupun poster di sekitar lokasi usaha. Sedangkan untuk pemasaran
nasional dan internasional bisa memanfaatkan jaringan internet sebagai media
promosi yang cukup efektif. Semakin luas jangkauan promosi yang Anda ciptakan,
maka semakin besar pula peluang Anda untuk mendatangkan konsumen
sebanyak-banyaknya.
·
Pemeliharaan Loyalitas Pelanggan
Pemeliharaan layanan kepada para konsumen sering diabaikan para pelaku
usaha, sehingga loyalitas yang terbangun antara konsumen dan pelaku pasar masih
belum kuat. Pastikan hal tersebut tidak Anda abaikan, agar loyalitas konsumen
semakin besar dan produk yang Anda ciptakan mendapatkan tempat tersendiri di
hati para pelanggan.
Ketatnya persaingan pasar didalam dunia usaha memaksa para pelaku usaha
memutar otak untuk mendapatkan ide-ide segar dalam menciptakan produknya. Dalam
memulai usaha baru kita sebagai pelaku usaha perlu memiliki trik-trik khusus
untuk menjadikan produk yang dihasilkan memiliki nilai tambah dibandingkan
dengan produk lain.
Sudah banyak contoh dari para pelaku usaha UKM yang menerapkan strategi
pemasaran yang sensasional dapat menarik hati para konsumen. Melalui strategi
pemasaran yang sensasional, pelaku bisnis berusaha mendapatkan perhatian khusus
dari masyarakat luas, hingga akhirnya banyak konsumen yang tertarik untuk
membeli produk atau jasa yang ditawarkan pelaku pasar. Selain itu cara
pemasaran yang unik membuat merek atau brand yang ditawarkan semakin banyak
dibicarakan orang, jadi tidak menutup kemungkinan bila produk unggulan yang
Anda pasarkan akan semakin berkembang dengan bantuan promosi yang menyebar dari
mulut ke mulut konsumen.
Salah satu contohnya adalah produk keripik pedas asal kota Bandung yaitu
Maicih yang juga biasa disebut keripik setan karena rasanya yang sangat
pedas. Yang unik adalah rasa keripik yang sangat pedas juga memiliki
level-level tingkat kepedasan, hal ini dapat menjadi pilihan para penikmat
keripik pedas maicih. Maicih berdiri pada pertengahan tahun 2010 di Bandung
tepatnya tanggal 29 Juni. Didirikan oleh pria kelahiran 29 September 1987
bernama Reza Nurhilman yang akrab disapa AXL29.
Awalnya Axl memiliki ide untuk bergerak di bidang pangan dan memasarkan
#maicih lewat door-to-door dan mouth-to-mouth untuk memperkenalkan pada saudara
dan teman terdekat. Setelah 2 bulan berjalan Axl menemukan cara yang unik untuk
memasarkan maicih lewat twitter dan chatting bersama orang-orang. Ternyata
kekuatan twitter sangat kuat dan orang-orang mulai memperbincangkan #maicih.
Hal unik lainnya adalah cara mendistribusikan produk maicih tersebut yaitu
dengan cara membentuk sistem jendral (distributor) maicih yang dipakai sampai
sekarang lalu terbentuk account @infomaicih yang awalnya dibuat oleh icihers
untuk mengetahui keberadaan produk maicih, namun icihers tersebut lama kelamaan
menjadi sangat cooperative dan menjadi sarana bagi icihers
lain agar lebih mudah untuk mendapatkan produk maicih dan memperlancar jendral
berjualan dengan memberikan info-info terkini seputaran maicih termasuk jadwal
“gentayangan” para jendral maicih.
Jenderal pertama Maicih bernama Fajar, dia sudah berjualan Maicih saat
bungkusnya masih polos. “Saya jualan di kampus, pasang di kaskus, menghubungi
lagi teman-teman SD, SMP, SMA, hasilnya lumayan buat bayar kuliah,” tutur Fajar
yang dalam sehari bisa menjual sekitar 250 hingga 500 bungkus Maicih. Hal
tersebut memberi gambaran kepada kita bahwa dengan menggunakan strategi
pemasaran yang sensasional dapat memeberikan nilai tambah atas produk tersebut.
0 komentar:
Posting Komentar