Brand
awareness adalah kesanggupan seorang calon
pembeli untuk mengenali, mengingat kembali suatu merek sebagai bagian dari
suatu kategori produk tertentu. Brand
awareness membutuhkan continum
ranging dari perasaan yang tidak pasti bahwa merek tertentu telah dikenal
sebelumnya, sehingga konsumen yakin bahwa produk tersebut merupakan
satu-satunya merek dalam suatu kelompok produk. Kontinum ini dapat terwakili
dalam tingkatan brand awareness yang
berbeda yang dapat digambarkan dalam suatu primada :
Brand Recognition merupakan
tingkat minimal dari brand
awareness. Hal ini penting pada saat pembeli memilih suatu merk pada saat
melakukan pembelian .pengenalan merk (brand
recognition) adalah tingkatan minimal dari brand awareness hal ini penting khususnya ketika seorang pembeli
memilih suatu
merk pada saat pembelian. Brand
Recognition terjadi saat konsumen memutuskan untuk membeli (point of purchase) sebuah produk dari
brand tertentu setelah mereka melihat nama brand, logo, kemasannya dan lain-lain. Contoh
produk dari brand recognition adalah
sabun lux dan ice cream magnum.
Brand
recall (mengingatkan kembali), kesadaran merek
langsung muncul di benak para konsumen setelah merek tertentu disebutkan.
Berbeda dengan recognition yang membutuhkan alat bantu, brand recall
hanya membutuhkan pengulangan/ penyebutan ulang untuk mengingat merek produk.
Contoh produk dari brand
recall adalah nokia dan kopi kapal api.
Top of mind adalah
brand awareness tertinggi yang
merupakan pimpinan dari berbagai merek yang ada dalam pikiran konsumen. Contohnya
adalah aqua dan pampers.
Peran brand
awareness terhadap brand equity dapat
dipahami dengan meembahas bagaimana brand
awaeness menciptakan suatu nilai yang dapat dilakukan dengan cara :
1. Anchor to which other
association can be attached, Brand Awareness akan menyebabkan timbulnya asosiasi seseorang. seperti
asosiasi yang timbul pada McDonald adalah Ronald McDonald, anak-anak, fun, Big Mac, bersih dan efisien. Asosiasi yang luas tersebut
kemudian dapat diperkuat dengan menggambungkan satu asosiasi dengan yang lain
seperti Ronald McDonald dengan anak-anak. Dengan memperkuat asosiasi tersebut
nama McDonald akan semakin kuat pada memori seseorang.
2. Familiarity-Liking, artinya
secara umum seseorang lebih menyukai sesuatu
yang lebih familiar. Salah satu penjelasan akan hal ini adalah orang lebih
membeli produk-produk yang terkategorikan Low-involvement
product seperti kertas tisu,
permen karena mereka sudah familiar dengan merek tersebut..
3. Substance / Commitment,
kesadaran akan nama dapat menandakan keberadaan,
komitmen, dan inti yang sangat penting bagi suatu perusahaan. Suatu nama
dikenal karena beberapa alasan, mungkin karena program iklan perusahaan
ekstensif, jaringan distribusi yang luas, eksistensi yang sudah lama dalam
industri.
4.
Brand
to consider, langkah pertama dalam suatu merek-merek
yang dikenal untuk mempertimbangkan merek nama yang akan diputuskan dibeli. Pada proses pembelian, langkah pertama yang dilakukan
adalah pemilhan alternatif. Pada proses ini, ketersedian informasi menjadi
sumber dari pemilihan tersebut. Proses Recall menjadi penting, karena
biasanya tidak banyak nama brand yang muncul pada proses ini. Brand pertama yang muncul dalam benak
seseorang, akan mendapatkan keuntungan yang lebih, dibandingkan dengan Brand yang memiliki tingkatRecall yang rendah.
Agar brand awareness dapat dicapai dan diperbaiki dapat ditempuh dengan
beberapa cara :
a.
Pesan yang disampaikan
harus mudah diingat dan tampil beda dibandingkan dengan lainnya.
b.
memakai slogan atau jingle lagu yang menarik.
c.
Simbol yang dipakai
dapat dihubungkan dengan mereknya.
d.
perluasan nama merek.
e.
Brand
awareness dapat diperkuat dengan memakai suatu
isyarat yang sesuai dengan kategori produk, merek atau keduanya.
f.
Melakukan pengulangan
untuk meningkatkan pengingatan.
Daftar Pustaka
Durianto, Darmadi dkk. 2001. Strategi
Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuisitas & Perilaku
Merk. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama
http://firm4nz.wordpress.com/2010/04/09/thumbs-up-merek2-yang-telah-menjadi-top-of-mind-brand-di-indonesia/.
Thumbs up merek-merek yang telah menjadi
top of mind brand di Indonesia
http://johngudil.wordpress.com/tag/brand-awareness/.
Brand Awareness Overview
0 komentar:
Posting Komentar