Pages

Subscribe:

Translate

Rabu, 03 April 2013

konsep utama marketing komunikasi


Dasar Komunikasi Pemasaran

Pemasaran : Proses untuk menciptakan, mengkomunikasikan, dan menyerahkan nilai kepada pelanggan & mengelola hubungan dengan cara menguntungkan orang serta pemilik saham.
Konsep utama :
1.    Marketing value : Pesan khusus yang diasosiasikan dengan merek terhadap dimensi citra atau target atribut seperti kepercayaan, citra, uang, dan rasa.
2.    Relationship marketing : menarik, mempertahankan, dan meningkatkan relasi pelanggan  (Berry dalam  Tjipto, 2008 : 214)
Formula AIDCA :
a.    Attention 
Hal paling pertama dalam proses komunikasi dalam suatu iklan adalah atensi atau perhatian yang dari audiens. Salah satu cara yang biasa dilakukan untuk memaksimalkan tahap ini adalah pemilihan headline yang efektif. Bisa dikatakan, atensi adalah kunci pertama. 
b.    Interest
Atensi yang timbul dari audiens terhadap sebuah iklan selanjutnya akan berpengaruh pada ketertarikannya pada iklan tersebut. Ketertarikan dari audiens bisa didapat melalui bagaimana suatu iklan memiliki stopping-power yang tinggi misalnya melalui tampilannya yang outstanding, menarik, dan unik. 
c.    Desire 
Iklan dengan daya atensi dan stopping power yang kuatlah yang mampu menarik minat audiens untuk mengetahui lebih jauh, atau setidaknya, menyediakan waktu untuk ‘menyimak’ iklan. Hasrat di sini pun bisa berkembang bukan sekedar untuk mengetahui iklan, tapi lebih mendalam pada apa yang ‘dijual’ di dalam iklan (dalam konteks iklan komersial). 
d.   Conviction 
Keyakinan atau conviction adalah point marketing utama dari sebuah iklan. Audiens yang telah memiliki atensi, minat, dan hasrat tidak akan berarti apa-apa bagi tujuan iklan yang dibuat jika iklan tidak mampu menyajikan pesan yang mampu membuat audiens memiliki keyakinan terhadap produk yang disampaikan di dalam iklan.
e.    Action 
Atensi, minat, dan hasrat, serta keyakinan yang dimiliki audiens sebagai bentuk respon terhadap suatu iklan akan membawa audiens pada aksi untuk melakukan. Aksi di sini berarti si audiens melakukan respon yang benar-benar langsung berhubungan dengan pesan yang disampaikan di iklan: misalnya dalam konteks iklan komersial, pesan yang disampaikan adalah untuk membeli produk, dan aksi yang dilakukan audiens bisa mulai dari mencari tahu produk di website, bertanya pada teman, hingga sampai pada tahap mencoba, membeli produk.

Marketing Plan : Marketing mix
Coorporate identity : promotion, place, price, product
Communication mix : advertising, PR, direct marketing, sales promotion.

Komposisi Marketing mix :
·      Product
·      Peran management
·      Tidak hanya brand, tapi kemasan dan iklan
·      Price
·      Place
·      Promotion
·      Physical evidence
·      People
·      Proses

Jadi komunikasi pemasaran merupakan sebuah taktik dan strategi yang dilakukan perusahaan untuk memasarkan sesuai target atau sebuah metode promosi yang bisa digabungkan dengan alat-alat promosi. Exp : sponsorship. Pameran, product field marketing.

Prinsip dasar marketing relational : “loyalitas dan kepuasan, profitabilitas, dan coustomer retention” (mcllory  Barnett, 2000)
1.    Menciptakan loyalitas
2.    Keuntungan
3.    Membangun emosi kostumer untuk menghasilkan value
4.    Ikatan
5.    Timbal balik
6.    Empati
7.    Kepercayaan
8.    Kepuasan pelanggan

Tahapan dalam marketing mix :
a.    Mengenali pelanggan & membangun database pelanggan (informasi pelanggan)
b.    Memilih pelanggan yang akan menjadi prioritas dengan membuat segmentasi
c.    Memberikan kemudahan pelanggan untuk interaksi (ATM)
d.   Memberikan kemudahan pelanggan melalui internet (interaksi one to one)
e.    Memberikan pengalaman yang menarik (dell direct marketing)
f.     Memberikan pelayanan personal (penawaran yang unik)
g.    Mempertahankan loyalitas pelanggan (membership/reward)

sumber : perkuliahan marketing communication 03/04/13

0 komentar:

Posting Komentar