Pages

Subscribe:

Translate

Selasa, 02 April 2013

outline speach

mata kuliah : public speaking

Topic Speech                : Mendidik lewat dongeng !
General Purpose            : To Persuade
Specific Purpose           :Untuk Persuasi audiens bahwa dongeng dapat bermanfaat bagi    perkembangan anak.
Audience                     : Orang tua dan siswa taman kanak-kanak

I. Introduction
a)    Response to welcome
Selamat Pagi, bapak-bapak dan ibu-ibu, serta adik-adik yang saya cintai, apa kabarnya hari ini ?
b)   Attention-getting device (penyampaian fakta yang mengejutkan)
Bapak-bapak dan ibu-ibu pasti sudah tahu bahwa setiap orang tua pasti menginginkan anaknya memiliki budi pekerti mulia. Seluruh pendidikan tentu mengharapkan anak didik nya berahlak mulia. Hanya saja, petuah ihwal keluhuran budi pekerti tidak bisa disampaikan secara langsung kepada anak-anak. Dibutuhkan strategi-strategi khusus, salah satunya adalah dengan mendongeng.
Thesis
Kegiatan ini didasarkan pada manfaat mendidik anak melalui mendongeng, pendidik bisa menyusupkan pesan dan hikmah berharga. Anak yang menyimak pun terasa terhibur dan bisa memetik pelajaran darinya. Alhasil, mendidik dengan dongeng begitu menyaksikan sekaligus bermanfaat
c)    Priview/Plan
Dalam pembahasan : “Mendidik lewat dongeng”, saya akan membagi menjadi tiga bagian yaitu definisi dongeng, kisah dongeng yang mendidik, dan manfaat dari mendongeng,

II. Body
a.  Main Point 1
     Definisi dongeng.
     Dongeng merupakan suatu kisah yang diangkat dari pemikiran fiktif dan kisah nyata, menjadi suatu alur perjalanan hidup dengan pesan moral yang mengandung makna hidup dan cara berinteraksi dengan makhluk lainnya.

b. Main point 2
     Kisah dongeng yang mendidik “si kelinci sombong’’.

c. Main pointt 3
     Manfaat mendongeng untuk anak :
1. Mengembangkan imajinasi anak
Ketika anak berumur 3-7 tahun, mereka cenderung mempunyai imajinasi/dunianya sendiri. Ini merupakan hal yang wajar, karena mereka berada dalam proses perkembangan. Namun, sebagai orang tua sebaiknya bisa mengontrol imajinasi mereka agar menjadi positif, salah satu caranya dengan dongeng.
2. Meningkatkan keterampilan berbahasa
Kemampuan awal yang dimiliki anak adalah kemampuan verbal, sehingga menyebabkan otak kanan mereja lebih berkembang dan kemampuan berbahasanya lebih terampil. Dan dengan kisah dongeng yang positif, bisa membantu anak untuk bertutur kata dalam bahasa yang sopan.
3. Membangun kecerdasan emosional
Pada dasarnya anak kecil sulit untuk belajar tentang berbagai hal yang abstrak, seperti kebaikan kepada sesama. Tetapi dengan dongeng, dapat membantu anak dalam memahami nilai-nilai emosional kepada sesama. Kecerdasan emosional sangat dibutuhkan untuk bersosialisasi dan berbuat baik kepada sesama.
4. Mengembangkan keterampilan berpikir.
5. Meningkatkan keterampilan problem solving.
6. Meningkatkan minat baca.
7. Mempererat ikatan emosi dengan orang tua
8. Relaksasi


III. Coclusion
a.  Summary
Dengan memberikan pendidikan lewat dongeng merupakan salah satu cara terbaik untuk meluangkan waktu bersama anak. Kegiatan ini sudah semakin jarang dilakukan oleh orang tua, padahal mendongeng bukan hanya untuk menidurkan anak saja, tapi mendongeng bisa meningkatkan kedekatan orang tua dan anak, serta mengembangkan kemampuan otak anak.
b. Call for action
     Dengan ini saya mengajak bapak-bapak dan ibu-ibu untuk sadar terhadap salah satu cara mendidik anak-anak yang menyenangkan juga bermanfaat.
c. Closure
     Kini setelah mengetahui bahwa dengan mendongeng dapat mendidik anak-anak, marilah kita melakukan perubahan cara mendidik anak kita agar tidak menjenuhkan, Cukup mudah, kita hanya perlu meluangkan waktu untuk anak-anak dengan mendongeng.  

0 komentar:

Posting Komentar