Pages

Subscribe:

Translate

Minggu, 24 Maret 2013

Mahasiswa Berbisnis ? Siapa takuuutt ??!!!




            Berdasarkan berita dari Republika Online (01/05/12), Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) menilai angka pengangguran di Indonesia sudah cukup tinggi akibat kesenjangan antara pertumbuhan angkatan kerja dan lapangan pekerjaan. Ketua Umum Kadin mengatakan setiap tahunnya jumlah pengangguran meningkat terkait krisis yang sedang melanda Amerika dan Eropa, "Akibat ketimpangan tersebut diperkirakan setiap tahunnya pengangguran meningkat sebesar 1,3 juta orang. Saat ini, kendala utama pertumbuhan bagi pelaku usaha adalah krisis ekonomi yang sedang melanda Amerika Serikat dan Eropa," kata Ketua Umum Kadin Suryo Bambang Sulisto di Jakarta, Selasa (1/5).
            Terkait fakta tersebut, pasti setiap orang mempunyai keinginan untuk bebas dari pengangguran bahkan bertekad untuk menjadi seorang bos agar dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain, dan salah satu cara untuk mewujudkan keinginan untuk menjadi bos itu adalah menjadi seorang pengusaha. Untuk menjadi seorang pengusaha tidak harus menunggu diusia tua, tetapi sedari masih mahasiswa pun dapat menjadi seorang pengusaha.
            Banyak yang akan didapatkan oleh mahasiswa ketika mereka mau berusaha menjalankan bisnis disamping kegiatan kuliahnya, selain memperoleh penghasilan tambahan, tetapi mereka juga dapat menambah banyak pengalaman terutama mengenai kewirausahaan. Karena dengan melakukan bisnis sampingan tersebut, mereka akan terjun langsung secara real ke dunia usaha dan mempraktekan langsung ilmu yang didapatkan selama belajar diperkuliahan.
            Bagi mahasiswa bekerja diusaha sendiri lebih menyenangkan dan jadwal bekerja dapat diatur sesuai keinginan sendiri. Mahasiswa yang memiliki bekal ilmu dan kreatifitas yang tinggi seharusnyaakan mempunyai mental untuk berbisnis dalam menjalankan usaha daripada berserah diri dengan berebut pekerjaan bersama ribuan pengangguran yang ingin mencari kerja. Terlebih saat ini angka pengangguran semakin meningkat dan menjadi salah satu masalah sosial, hal tersebut dikarenakan sedikitnya lapangan pekerjaan, selain itu banyak industri saat ini melakukan pemutusan hubungan kerja terhadap karyawannya dikarenakan gulung tikar.
            Banyak berbagai jenis usaha yang dapat dilakukan oleh mahasiswa untuk menambah penghasilan mereka atau sekedar mengisi waktu luang yang dapat menghasilkan keuntungan. diantaranya adalah :
1. Bisnis jualan, mahasiswa bisa melakukan bisnis jual beli kecil-kecilan sampai bisnis jual beli besar-besaran. Bisnis kecil-kecilan dapat berupa jual makanan, pulsa, atau aksesoris, sedangkan bisnis jual-beli besar dapat berupa jual beli alat elektronik yang sering digunakan mahasiswa seperti, laptop, lcd, printer, scaner, dll.
2.  Bisnis jasa, mahasiswa dapat memanfaatkan keahlian yang dimiliki seperti membuka jasa rentalan, print data, servis elektronik, cetak poser, desain,  dll.
3.  Bisnis online, misalnya saja jadi internet marketer, affiliiate / reseller, mahasiswa bertugas menjualkan sebuah produk yang didapatkan dari vendornya kepada jaringan yang dimilikinya, untuk menjadi reseller merupakan hal yang mudah terutama mahasiswa paham bagaimana cara mencari vendor yang baik dan bertanggung jawab. Biasanya mahasiswa yang menjadi reseller berbisnis memalui reseller online shop.  

            Untuk memulai bisnis, mahasiswa perlu mempromosikan bisnisnya untuk menyebarkan informasi, mempengaruhi/membujuk, dan mengingatkan konsumen agar bersedia menerima, membeli, dan loyal pada produk yang ditawarkan mahasiswa. Promosi dapat dilakukan dengan cara beberapa cara, diantaranya :
a)    Promosi dimulai dari orang terdekat
Sebagai awal, mahasiswa dapat memulai memasarkan bisnis sampingan yang anda miliki kepada orang-orang terdekat. Misalnya kepada keluarga, teman-teman, tetangga, dosen, atau staf kampus karena dengan melakukan promosi seperti itu akan menciptakan strategi promosi word of mouth (dari mulut ke mulut). Semaki banyak orang yang mengenal bisnis sampingan mahasiswa, maka semakin besar keuntungan yang akan diperoleh.
b)   Promosi melalui media sosial
Media online seperti jejaring social Facebook, Twitter, Myspace, Line,  ini begitu digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Mahasiswa dapat membuat akun-akun pada situs jejaring sosial untuk memberikan informasi mengenai bisnis mereka agar lebih dikenal banyak orang.
c)    Menjalin kerjasama dengan para reseller
Mahasiswa dapat mencari rekan kerja yang bersedia sebagai penyambung untuk memasarkan bisnisnya. Mahasiswa dapat membuka peluang kerjasama dengan para reseller untuk optimalisasi bisnis yang ditawaran. Semakin bertambahnya resaller, maka akan semakin bertambah penghasilan yang diperoleh.
d)   Titip jual
Mahasiswa dapat melakukan  strategi pemasaran titip jual ke beberapa toko, warung, kantin, atau pusat perbelanjaan yang ada di sekitar tempat tinggalnya. Agar toko, warung, atau kantin bersedia dititipkan produk mahasiswa, kedua belah pihak antara mahasiswa dan toko harus sama-sama diuntungkan dan siap mengalami kerugian ketika barang tidak laku dijual.
e)    Membuka lapak di lokasi strategis
Ketika hari liburr, mahasiswa dapat memanfaatkan waktunya dengan membuka lapak dagang yang ada disekitarnya. Misalnya didepan rumah, dipasar mingguan yang biasanya diadakan diakhir pekan, mahasiswa juga dapat mempromosikannya melalui pameran-pameran yang sedang diadakan, atau di bazar yang sedang diadakan dalam suatu acara.
f)    Via BBM atau Whatsapp
Mahasiswa juga dapat melakukan promosi via messager, seperti bbm atau wharsapp. Dengan jumlah teman yang cuup lumayan tentunya akan membantu untuk dijadikan jaringan peluang bisnis. Mahasiswa perlu melakukan update mengenai bisnis yang sedang dijalankan dengan keterlibatan komunitasnya. Dengan terlibat dalam kegiatan komunitas itu, tentu ada informasi baru terkait dengan bisnis.
            Namun selain kegiatan promosi yang dilakukan seperti diatas mahasiswa dapat melakukan promosi dengan cara bekerjasama dengan Yellow Pages. Yellow pages dijadikan sebagai media informasi dan media iklan paling efektif karena Yellow Pages merupakan salah satu layanan direktori yang digunakan sebagai referensi konsumen yang siap membeli. Melalui direktori ini yellow pages menyajikan kelengkapan informasi produk & jasa suatu perusahaan berdasarkan klasifikasi usaha.  Salah satu inovasi Yellow Pages terkini adalah menerbitkan Panduan Informasi Yellow Pages full color untuk meningkatkan kualitas, daya tarik dan citra produk perusahaan Pemasang Iklan. Dari inovasi tersebut mahasiswa dapat mempromosikan bisnisnya dengan tampilan yang menarik dan mudah ditemukan oleh para calon konsumen.




0 komentar:

Posting Komentar