Berdasarkan berita dari Republika Online (01/05/12), Kamar
Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) menilai angka pengangguran di Indonesia
sudah cukup tinggi akibat kesenjangan antara pertumbuhan angkatan kerja dan
lapangan pekerjaan. Ketua Umum Kadin mengatakan setiap tahunnya jumlah
pengangguran meningkat terkait krisis yang sedang melanda Amerika dan Eropa, "Akibat
ketimpangan tersebut diperkirakan setiap tahunnya pengangguran meningkat
sebesar 1,3 juta orang. Saat ini, kendala utama pertumbuhan bagi pelaku usaha
adalah krisis ekonomi yang sedang melanda Amerika Serikat dan Eropa," kata
Ketua Umum Kadin Suryo Bambang Sulisto di Jakarta, Selasa (1/5).
Terkait fakta tersebut, pasti setiap
orang mempunyai keinginan untuk bebas dari pengangguran bahkan bertekad untuk menjadi
seorang bos agar dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain, dan
salah satu cara untuk mewujudkan keinginan untuk menjadi bos itu adalah menjadi
seorang pengusaha. Untuk menjadi seorang pengusaha tidak harus menunggu diusia
tua, tetapi sedari masih mahasiswa pun dapat menjadi seorang pengusaha.
Banyak yang akan didapatkan oleh
mahasiswa ketika mereka mau berusaha menjalankan bisnis disamping kegiatan
kuliahnya, selain memperoleh penghasilan tambahan, tetapi mereka juga dapat
menambah banyak pengalaman terutama mengenai kewirausahaan. Karena dengan
melakukan bisnis sampingan tersebut, mereka akan terjun langsung secara real ke
dunia usaha dan mempraktekan langsung ilmu yang didapatkan selama belajar
diperkuliahan.
Bagi mahasiswa bekerja diusaha
sendiri lebih menyenangkan dan jadwal bekerja dapat
diatur sesuai keinginan sendiri. Mahasiswa yang memiliki bekal ilmu dan
kreatifitas yang tinggi seharusnyaakan mempunyai mental untuk berbisnis dalam
menjalankan usaha daripada berserah diri dengan berebut pekerjaan bersama
ribuan pengangguran yang ingin mencari kerja. Terlebih saat ini angka
pengangguran semakin meningkat dan menjadi salah satu masalah sosial, hal
tersebut dikarenakan sedikitnya lapangan pekerjaan, selain itu banyak industri
saat ini melakukan pemutusan hubungan kerja terhadap karyawannya dikarenakan
gulung tikar.
Banyak berbagai jenis usaha yang
dapat dilakukan oleh mahasiswa untuk menambah penghasilan mereka atau sekedar
mengisi waktu luang yang dapat menghasilkan keuntungan. diantaranya adalah :
1. Bisnis jualan, mahasiswa
bisa melakukan bisnis jual beli kecil-kecilan sampai bisnis jual beli
besar-besaran. Bisnis kecil-kecilan dapat berupa jual makanan, pulsa, atau
aksesoris, sedangkan bisnis jual-beli besar dapat berupa jual beli alat
elektronik yang sering digunakan mahasiswa seperti, laptop, lcd, printer,
scaner, dll.
2. Bisnis
jasa, mahasiswa dapat memanfaatkan keahlian yang dimiliki seperti membuka jasa
rentalan, print data, servis elektronik, cetak poser, desain, dll.
3. Bisnis online, misalnya
saja jadi internet marketer, affiliiate
/ reseller, mahasiswa
bertugas menjualkan sebuah produk yang
didapatkan dari vendornya kepada jaringan yang dimilikinya, untuk menjadi
reseller merupakan hal yang mudah terutama mahasiswa paham bagaimana cara
mencari vendor yang baik dan
bertanggung jawab. Biasanya
mahasiswa yang menjadi reseller berbisnis memalui reseller online shop.
Untuk
memulai bisnis, mahasiswa perlu mempromosikan bisnisnya untuk menyebarkan informasi, mempengaruhi/membujuk, dan mengingatkan
konsumen agar bersedia menerima, membeli, dan loyal pada produk yang ditawarkan
mahasiswa. Promosi dapat dilakukan dengan cara beberapa cara, diantaranya :
a) Promosi
dimulai dari orang terdekat
Sebagai awal, mahasiswa dapat memulai memasarkan
bisnis sampingan yang anda miliki kepada orang-orang terdekat. Misalnya kepada keluarga,
teman-teman, tetangga, dosen, atau staf kampus karena dengan melakukan promosi
seperti itu akan menciptakan strategi promosi word of mouth (dari mulut ke mulut). Semaki banyak orang yang
mengenal bisnis sampingan mahasiswa, maka semakin besar keuntungan yang akan
diperoleh.
b) Promosi
melalui media sosial
Media
online seperti jejaring social Facebook, Twitter, Myspace, Line, ini begitu digandrungi oleh
masyarakat Indonesia. Mahasiswa dapat membuat akun-akun pada situs
jejaring sosial untuk memberikan informasi mengenai bisnis mereka agar lebih
dikenal banyak orang.
c) Menjalin
kerjasama dengan para reseller
Mahasiswa dapat mencari rekan kerja yang bersedia
sebagai penyambung untuk memasarkan bisnisnya. Mahasiswa dapat membuka peluang
kerjasama dengan para reseller untuk
optimalisasi bisnis yang ditawaran. Semakin bertambahnya resaller, maka akan semakin bertambah penghasilan yang diperoleh.
d) Titip jual
Mahasiswa dapat melakukan strategi pemasaran titip jual ke beberapa
toko, warung, kantin, atau pusat perbelanjaan yang ada di sekitar tempat
tinggalnya. Agar toko, warung, atau kantin bersedia dititipkan produk
mahasiswa, kedua belah pihak antara mahasiswa dan toko harus sama-sama
diuntungkan dan siap mengalami kerugian ketika barang tidak laku dijual.
e) Membuka
lapak di lokasi strategis
Ketika hari liburr, mahasiswa dapat memanfaatkan waktunya dengan membuka
lapak dagang yang ada disekitarnya. Misalnya didepan rumah, dipasar mingguan
yang biasanya diadakan diakhir pekan, mahasiswa juga dapat mempromosikannya
melalui pameran-pameran yang sedang diadakan, atau di bazar yang sedang
diadakan dalam suatu acara.
f)
Via BBM atau
Whatsapp
Mahasiswa
juga dapat melakukan promosi via messager, seperti bbm atau wharsapp. Dengan jumlah teman yang cuup lumayan tentunya akan membantu
untuk dijadikan jaringan peluang bisnis. Mahasiswa perlu melakukan update
mengenai bisnis yang sedang dijalankan dengan keterlibatan komunitasnya. Dengan
terlibat dalam kegiatan komunitas itu, tentu ada informasi baru terkait dengan
bisnis.
Namun selain
kegiatan promosi yang dilakukan seperti diatas mahasiswa dapat melakukan
promosi dengan cara bekerjasama dengan Yellow Pages. Yellow pages dijadikan sebagai media informasi dan media iklan
paling efektif karena Yellow Pages
merupakan salah satu layanan direktori yang digunakan sebagai referensi
konsumen yang siap membeli. Melalui direktori ini yellow pages menyajikan kelengkapan informasi produk & jasa
suatu perusahaan berdasarkan klasifikasi usaha. Salah satu inovasi Yellow Pages terkini adalah menerbitkan Panduan Informasi Yellow Pages full color untuk
meningkatkan kualitas, daya tarik dan citra produk perusahaan Pemasang Iklan.
Dari inovasi tersebut mahasiswa dapat mempromosikan bisnisnya dengan tampilan
yang menarik dan mudah ditemukan oleh para calon konsumen.
0 komentar:
Posting Komentar