Pages

Subscribe:

Translate

Rabu, 22 Mei 2013

Tugas marketing communication

Analisis SWOT Moshaict






Butik Moshaict berdiri sejak awal tahun 2011, tapi baru melakukan grand launching pada 24 Juli 2011. Pemilik butik Moshaict adalah Shinta Dewi Dhiah Sekar Tanjung, butiknya berisikan sekitar 15 rancangan dari desainer muda. Butik Moshaict berada di bilangan Raden Saleh 55, Jakarta Pusat. Butik ini membidik pasar usia 20-an tahun sampai 35 tahun.
            Pemilik Moshaict ingin menjadikan tempat tersebut sebagai 'Hijabers World'. Tak heran beberapa tempat digunakan untuk café dan salon. Salon & Spa Muslimah Anaya khusus melayani kaum perempuan, sementara Café Russels menyediakan makanan ringan serta kopi dan teh, bisa dimanfaatkan sebagai tempat menunggu sang suami bila istrinya berada di salon maupun berbelanja di butik Moshaict. Dengan dibukanya salon dan cafe ini, Moshaict telah menjadi One Stop Shopping untuk para muslimah. Butik Moshaict juga membuka toko HIjab, yang merupakan wadah bagi para designer-designer baju yang tergabung di Hijabers Community, atau HijabStore yang tersebar di beberapa lokasi sepenrti di Cilandak, Bekasi, Bogor & Depok. 

  
Moshaict ramai dikunjungi pe
Analisis SWOT
Analisis SWOT dapat digunakan sebagai salah satu alternative tools di dalam melakukan audit pemasaran. Piercy dan Giles (1989) bahwa the analysis of steght and weaknesess, and opportunities and thtreats is probably the most common and widely recognized tool for conduting a strategic marketing audit. Dengan menggunakan analisis SWOT akan mempermudah auditor pemasaran di dalam men sort informasi secara sistematis dan mengklasifikasikannya dengan baik. Strenght dan weaknesses akan membantu auditor pemasaran untuk menjawab pertanyaan “where we are now?” sedangkan opportunities dan threats akan membantu auditor pemasaran untuk menjawab pertanyaan “where we want(or don’t want) to be”.
Menurut Sutojo dan F. Kleinsteuber (2002:8), SWOT merupakan tujuan usaha yang realistis, sesuai dengan kondisi perusahaan dan oleh karenanya lebih diharapkan agar terwujud. SWOT merupsksn dingkstatan dari (S) Strenght yang berarti kekuatan perusahaan, (W) Weaknesses yang berarti kelemahan perusahaan, (O) Opportunities yang berarti peluang bisnis yang dapat diharapkan perusahaan, dan (T) Threats yang berarti ancaman yang dapat menhambat tujuan perusahaan.
Premis dasar SWOT adalah bahwa suatu uji realitas internal dan eksternal yang kritikal hendaknya dapat mengarahkan manajer untuk memilih strategi yang tepat dalam mencapai tujuan organisasi mereka. Analisis SWOT mendorong suatu pendekatan praktis terhadap perencanaan yang didasarkan atas pandangan yang realities mengenai situasi perusahaan serta scenario-skenario kemungkinan peristiwa dan kondisi yang akan terjadi.

Analisis SWOT Moshaict
1.      Strenght/Kekuatan
·  Butik Moshaict didesain oleh desainer ternama yang telah terpercaya, seperti Ria Miranda, Jenahara, Kami Idea, GDA’s, Mainland Heritage, Miss Marina, Nonieq, Monel, Ambu, Aluyya, Zemma, dll.
·      Moshaict berhasil mengembangkan bisnis melalui promosi di jejaring social
·      Moshaict memiliki desain sesuai trend masa kini yang banyak diminati kaum wanita khususnya usia 20-35 thn.
·      Untuk dapat berinteraksi langsung dengan custumer, Moshaict melakukan  pendekatan dalam suasana yang santai sehingga memudahkan Butik Moshaict menyampaikan pesannya kepada coustumer. Salah satunya adalah menyelenggarakan event, seperti Hijab Class bersama hijabers community yang dilakukan setiap bulan.
·      Dengan dibukanya salon dan café, Moshaict telah menjadi One Stop Shopping untuk para muslimah. Butik Moshaict juga membuka toko HIjab, yang merupakan wadah bagi para designer-designer baju yang tergabung di Hijabers Community, atau HijabStore yang tersebar di beberapa lokasi sepenrti di Cilandak, Bekasi, Bogor & Depok. 
·      Moshaict menggunakan bahan-bahan yang berkualitas.
·      Sosok para pendesainernya yang masih muda, kretif dan memiliki banyak inovasi mengenai trendi menjadi inspirasi daya tarik tersendiri bagi orang-orang yang mengetahuinya untuk mengenal/menggunakan produk Moshaict.
·      Moshaict menjadi salah satu contoh keberhasilan industri kreatif fesyen dalam menjual produk berlabel islam sehingga menghilangkan kesan seperti ‘ibu-ibu’ apabila mengenakan pakaian muslim.
·      Moshaict mempunyai media promosi melalui majalah sendiri.

2.      Weaknesses/Kelemahan
·      Tempat/Toko Hijab Moshaict masih terbatas karena baru terdapat di beberapa wilayah seperti  Cikini, Cilandak, Bekasi, Bogor & Depok. 
·       Produk Moshaict hanya terbatas untuk umur 20an-35 tahun.
·        Harganya kurang terjangkau untuk kalangan menengah bawah.

3.      Opportunities/Peluang
·         Trend hijab sedang mewabah di Indonesia
·         Jumlah pasar semakin berkembang karena trend hijab banyak dicari tahu oleh kalangan remaja  khususnya.
·    Karakter remaja penyuka trend hijab sangat royal dan memiliki jaringan melalui komunitas hijabers
·         Harga prodyk Moshaict masih dapat dijangkau kalangan mahasiswa.
·         Moshaict memiliki komunitas hijabers yang dapat dijadikan wadah untuk menghimpun komunitas hijab dengan segala potensi kreasi mode hijab terbaru.

4.      Threats/Ancaman
·        Masih banyak kalangan yang berpendapat bahwa hijab di Indonesia bertentangan dengan makna hijab sesungguhnya.
·           Persaingan produk fesyen hijab semakin ketat.
·           Banyak kalangan yang berpendapat bahwa penggunaan hijab menggambarkan identitas mereka yang ekslusif, konsumtif  dan  komersial.



Daftar Pustaka

Buku :
Arafat, Wilson. 2005. The Real Power of Marketing Audit. Jakarta : PT Elex Media Komputindo
Boone, Louis E dan David L. Kurtz. 2007. Contemporary Business, 11 th Edition. Diterjemahkan oleh Ali Akbar yulianto dan Krista. Jakarta : Penerbit Salemba Empat

Internet :
http://meyhs.blogspot.com/2012/04/moshaict.html. diakses pada 21 Mei 2013 pukul 19.00 WiB
http://achsanarea23.blogspot.com/2013/03/analisis-swot.html. diakses pada 21 Mei 2013 pukul 19.30 WiB
http://moshaict.com/. Diakses pada 21 Mei 2013 pukul 20.12 WIB







0 komentar:

Posting Komentar