Analisis SWOT Moshaict
Moshaict ramai dikunjungi pe
|
Analisis SWOT
Analisis SWOT dapat digunakan sebagai salah satu alternative tools di dalam melakukan audit
pemasaran. Piercy dan Giles (1989) bahwa the
analysis of steght and weaknesess, and opportunities and thtreats is probably
the most common and widely recognized tool for conduting a strategic marketing
audit. Dengan menggunakan analisis SWOT akan mempermudah auditor pemasaran
di dalam men sort informasi secara
sistematis dan mengklasifikasikannya dengan baik. Strenght dan weaknesses akan
membantu auditor pemasaran untuk menjawab pertanyaan “where we are now?” sedangkan opportunities
dan threats akan membantu auditor
pemasaran untuk menjawab pertanyaan “where
we want(or don’t want) to be”.
Menurut Sutojo dan F. Kleinsteuber (2002:8), SWOT merupakan tujuan usaha
yang realistis, sesuai dengan kondisi perusahaan dan oleh karenanya lebih
diharapkan agar terwujud. SWOT merupsksn dingkstatan dari (S) Strenght yang berarti kekuatan
perusahaan, (W) Weaknesses yang berarti
kelemahan perusahaan, (O) Opportunities yang
berarti peluang bisnis yang dapat diharapkan perusahaan, dan (T) Threats yang berarti ancaman yang dapat
menhambat tujuan perusahaan.
Premis dasar SWOT adalah bahwa suatu uji realitas internal dan eksternal
yang kritikal hendaknya dapat mengarahkan manajer untuk memilih strategi yang
tepat dalam mencapai tujuan organisasi mereka. Analisis SWOT mendorong suatu
pendekatan praktis terhadap perencanaan yang didasarkan atas pandangan yang
realities mengenai situasi perusahaan serta scenario-skenario kemungkinan
peristiwa dan kondisi yang akan terjadi.
Analisis
SWOT Moshaict
1.
Strenght/Kekuatan
· Butik
Moshaict didesain oleh desainer ternama yang telah terpercaya, seperti Ria
Miranda, Jenahara, Kami Idea, GDA’s, Mainland Heritage, Miss Marina, Nonieq,
Monel, Ambu, Aluyya, Zemma, dll.
·
Moshaict
berhasil mengembangkan bisnis melalui promosi di jejaring social
·
Moshaict
memiliki desain sesuai trend masa kini yang banyak diminati kaum wanita
khususnya usia 20-35 thn.
·
Untuk dapat berinteraksi
langsung dengan custumer, Moshaict
melakukan pendekatan dalam
suasana yang santai sehingga memudahkan Butik Moshaict menyampaikan pesannya
kepada coustumer. Salah satunya
adalah menyelenggarakan event, seperti Hijab Class bersama hijabers community
yang dilakukan setiap bulan.
·
Dengan dibukanya salon dan café, Moshaict telah menjadi One Stop Shopping untuk para muslimah.
Butik Moshaict juga membuka toko HIjab, yang
merupakan wadah bagi para designer-designer baju yang tergabung di Hijabers
Community, atau HijabStore yang tersebar di beberapa lokasi sepenrti di
Cilandak, Bekasi, Bogor & Depok.
· Moshaict menggunakan bahan-bahan yang berkualitas.
· Sosok para pendesainernya yang masih muda, kretif dan
memiliki banyak inovasi mengenai trendi menjadi inspirasi daya tarik tersendiri
bagi orang-orang yang mengetahuinya untuk mengenal/menggunakan produk Moshaict.
· Moshaict menjadi salah satu contoh keberhasilan industri kreatif
fesyen dalam menjual produk berlabel islam sehingga menghilangkan kesan seperti ‘ibu-ibu’ apabila mengenakan
pakaian muslim.
· Moshaict mempunyai media promosi
melalui majalah sendiri.
2.
Weaknesses/Kelemahan
·
Tempat/Toko
Hijab Moshaict masih terbatas karena baru terdapat di beberapa wilayah seperti Cikini, Cilandak, Bekasi, Bogor & Depok.
· Produk
Moshaict hanya terbatas untuk umur 20an-35 tahun.
· Harganya
kurang terjangkau untuk kalangan menengah bawah.
3.
Opportunities/Peluang
·
Trend
hijab sedang mewabah di Indonesia
·
Jumlah
pasar semakin berkembang karena trend hijab banyak dicari tahu oleh kalangan
remaja khususnya.
· Karakter
remaja penyuka trend hijab sangat royal dan memiliki jaringan melalui komunitas
hijabers
·
Harga
prodyk Moshaict masih dapat dijangkau kalangan mahasiswa.
·
Moshaict
memiliki komunitas hijabers yang dapat dijadikan wadah untuk menghimpun komunitas hijab dengan segala potensi kreasi mode hijab terbaru.
4.
Threats/Ancaman
· Masih
banyak kalangan yang berpendapat bahwa hijab di Indonesia bertentangan dengan
makna hijab sesungguhnya.
·
Persaingan
produk fesyen hijab semakin ketat.
·
Banyak kalangan yang
berpendapat bahwa penggunaan hijab menggambarkan identitas
mereka yang ekslusif, konsumtif dan komersial.
Daftar
Pustaka
Buku :
Arafat, Wilson. 2005. The Real Power of Marketing Audit. Jakarta : PT Elex Media
Komputindo
Boone, Louis E dan David L. Kurtz. 2007. Contemporary Business, 11 th
Edition. Diterjemahkan oleh Ali Akbar yulianto dan Krista. Jakarta :
Penerbit Salemba Empat
Internet :
http://meyhs.blogspot.com/2012/04/moshaict.html. diakses pada 21 Mei 2013 pukul 19.00 WiB
http://achsanarea23.blogspot.com/2013/03/analisis-swot.html. diakses pada 21 Mei 2013 pukul 19.30 WiB
http://moshaict.com/. Diakses pada 21 Mei 2013 pukul 20.12 WIB
0 komentar:
Posting Komentar